Senin, 18 Oktober 2010

JANJI PENGEN MULIA KUDU BISA NJAGA PINTU LAWANG KANG SANGA


Falsafah  Cirebon "Janji pengen urip mulia kudu bisa njaga pintu kang sanga "yang dalam bahasa Indonesia berarti jika ingin hidup bahagia dunia akherat harus bisa menjaga lobang pintu yang sembilan yakni: dua buah mata, dua lobang hidung, dua lubang telinga, satu lobang mulut, satu lobang kemaluan dan satu lobang anus.
Yang penjabarannya adalah sebagai berikut: jika kita ingin hidup bahagia selamat di dunia dan akherat hendaklah kita harus bisa menjaga sembilan lobang yang ada pada diri kita, yakni lobang  mata. telinga, hidung, mulut, kemaluan dan anus.
Karena dari kesembilan lobang atau pintu yang ada pada diri kita itulah awal dari timbulnya masalah dan perbuatan dosa. Jika kita tidak mampu menjaganya, bisa jadi bencana dan mala petaka bagi diri kita sendiri. Banyak orang orang disekitar kita yang mendapatkan malapetaka dan terjerat melakukan  perbuatan dosa dan tercela karena tidak mampu  menjaga sembilan lobang yang ada pada dirinya.
Oleh karena itu jika kita ingin hidup bahagia selamat di dunia dan di akherat  hendaklah kita mampu menggunakan dan menjaga  sembilan pintu lubang yang ada pada diri kita. Jangan sampai sembilan lobang yang ada diri kita menjadi sumber malapetaka dan perbuatan dosa, akibat kita tidak mampu menggunakan dan menjaga sembilan lobang yang ada pada diri kita.
Sungguh sebuah falsafah  luhur yang mengandung arti dan makna yang dalam untuk kehidupan kita sehari-hari agar kita selamat dan bahagia hidup di dunia dan di akherat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar